RAPAT PEMBAHASAN KEGIATAN TIK UNIT KERJA SETDITJEN PERKERETAAPIAN TAHUN 2024
29-11-2024 / 112 ViewsJakarta, 28-29 November 2024 – - Sekretariat Direktorat Jenderal Perkeretaapian (melalui Bagian Perencanaan) mengadakan Rapat Pembahasan Kegiatan TIK Unit Kerja Setditjen Perkeretaapian tahun 2024. Acara ini dilaksanakan selama dua hari secara offline pada 28-29 November 2024 serta melalui platform Zoom Meetings yang berlangsung di Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai unit kerja, termasuk Ibu Sesditjen Perkeretaapian, perwakilan masing-masing Direktorat dan perwakilan Balai di lingkungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.
Rapat ini bertujuan untuk mengevaluasi progres pengembangan Portal Layanan Ditjen Perkeretaapian, sebuah platform terintegrasi yang mendukung fungsi regulasi, pengawasan, dan layanan publik. Selain itu, pengelolaan website Ditjen Perkeretaapian juga menjadi perhatian utama guna meningkatkan transparansi, kemudahan akses informasi, dan efektivitas layanan digital. Dalam pembahasan, juga disoroti fitur-fitur baru seperti Persetujuan Terpusat dan Perjalanan Dinas (Perjadin) online, yang dirancang untuk menyederhanakan proses administrasi dengan memanfaatkan Tanda Tangan Elektronik (TTE).
Beragam isu teknis dan tantangan dalam implementasi portal dan aplikasi menjadi fokus diskusi. Pada sesi pertama dilakukan pembahasan Pogres Portal Aplikasi Ditjen Perkeretaapian terkait integrasi aplikasi pada Portal Layanan Ditjen Perkeretaapian sebagai super apps yang mengakomodasi kebutuhan pemerintah, bisnis, dan masyarakat. Kendala teknis seperti sinkronisasi data, penyesuaian fitur, dan mekanisme persetujuan dengan TTE menjadi poin utama untuk ditindaklanjuti.
Selanjutnya, pada sesi kedua dilakukan pembahasan mengenai uji coba fitur Perjadin online. Masing-masing unit kerja dapat mencoba akses pada link https://portaldev.Ditjen Perkeretaapian.kemenhub.go.id/ dengan login username dan password menggunakan NIP/NIK (untuk PPNPN). Setelah melakukan uji coba, peserta menemukan berbagai peluang perbaikan, termasuk otomatisasi data dan penyempurnaan format dokumen. Selain itu hal yang masih menjadi pending isue yaitu untuk membubuhkan barcode saat dilakukan preview masih belum presisi. Masih terdapat kendala user seperti gagal menambahkan nota dinas, edit surat berhasil namun preview tidak sesuai dengan hasil edit surat, error saat tambah ST. Meski demikian, fitur ini dinilai sangat potensial untuk mempercepat pengajuan perjalanan dinas sekaligus meningkatkan akuntabilitas.
Sesi ketiga membahas pengelolaan website Ditjen Perkeretaapian Tahun 2024, termasuk progres landing page portal layanan. Poin utama pembahasan ini terkait rebranding tampilan, navigasi yang lebih ramah pengguna, dan peningkatan konten menjadi prioritas. Website Ditjen Perkeretaapian diharapkan dapat berfungsi sebagai pintu utama layanan digital yang lebih modern dan informatif. Di sisi lain, monitoring kegiatan TIK tahun 2024 menunjukkan perkembangan positif di beberapa direktorat, meskipun ada hambatan terkait anggaran yang memengaruhi kelanjutan beberapa proyek.
Dari rapat ini, sejumlah kesimpulan penting disepakati. Salah satunya adalah target implementasi penuh fitur Persetujuan Terpusat dan Perjadin online pada Januari 2025. Selain itu, peningkatan keaktifan publikasi konten di website juga menjadi prioritas untuk memperkuat transparansi informasi kepada masyarakat. Ditjen Perkeretaapian juga mendorong percepatan pelaporan dan penyelesaian progres kegiatan TIK di seluruh unit kerja untuk mendukung keberhasilan program transformasi digital.
Sebagai langkah tindak lanjut, akan dilakukan bimbingan teknis (Bimtek) untuk seluruh TU di lingkungan Ditjen Perkeretaapian untuk memastikan kesiapan seluruh unit kerja dalam memanfaatkan Portal Layanan Ditjen Perkeretaapian. Penyempurnaan fitur portal dan website juga terus dioptimalkan berdasarkan masukan dari berbagai pihak, serta perlu peningkatan keaktifan dalam publikasi berita artikel, berita foto, dan berita video pada website Ditjen Perkeretaapian. Dengan langkah-langkah ini, Ditjen Perkeretaapian optimis dapat memberikan layanan yang lebih handal, modern, dan efisien, sejalan dengan perannya sebagai regulator transportasi perkeretaapian.
Ikuti terus website djka.kemenhub.go.id untuk update berita seputar Direktorat Jenderal Perkeretaapian agar kamu tidak ketinggalan berita!
Follow akun sosial media kami.
Instagram: ditjenperkeretaapian
Twitter: @perkeretaapian
Youtube: Ditjen Perkeretaapian.
6 Comment
Jhone Michale
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
jhon doe
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiustempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veninostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip
Jenifer Hearly
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.