
Posko Angkutan Nataru 2024/2025 di Stasiun Malang
30-11-2023 / 7 ViewsMalang (23/12) Kegiatan Peliputan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru dengan Kereta Api dilaksanakan di Kota Malang, Jawa Timur, oleh personil dari unit kerja Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, adapun untuk lebih spesifiknya dilaksanakan di Stasiun Malang pada tanggal 23-26 Desember 2024. Masa angkutan nataru dimulai tanggal 19 Desember 2024 dan akan berjalan hingga 5 Januari 2025
Kegiatan yang dilaksanakan di Stasiun Malang yaitu terkait pemantauan kondisi arus penumpang, stasiun, serta melakukan wawancara untuk berbagi pengalaman selama melakukan mudik maupun berlibur selama masa nataru dengan menggunakan moda kereta api dalam rangka melihat kesiapannya serta perkembangan dari penumpang dan juga Stasiun Malang.
Terkait kondisi sarana prasarana di Stasiun Malang secara keseluruhan dapat dinilai dalam kondisi baik, Stasiun ini mempunyai bangunan yang terbilang cukup besar yang memiliki dua pintu kedatangan. Kedua pintu kedatangan tersebut berada di satu lokasi yang sama dan hanya berseberangan satu sama lain yang dihubungkan oleh flyover. Yang membedakan keduanya adalah pintu kedatangan barat masih mempertahankan desain bangunan khas Hindia Belanda sedangkan bangunan pintu kedatangan timur memiliki desain bangunan yang lebih modern. Stasiun ini memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Di pintu barat, terdapat dua ruang tunggu, yaitu ruang tunggu luar dan ruang tunggu dalam. Di ruang tunggu luar juga terdapat beberapa stan makanan dan mesin ATM. Bagi pengunjung yang ingin melakukan cetak tiket dan customer service juga terdapat di bagian ini.
Ruang tunggu tersebut dilengkapi beberapa kursi yang nyaman dan tempat isi baterai yang bisa digunakan penumpang untuk mengisi daya hp mereka. Disini juga merupakan tempat pengecekan tiket penumpang sebelum memasuki stasiun yang dilakukan oleh petugas stasiun. Penumpang dapat melihat informasi kedatangan dan keberangkatan kereta melalui monitor yang tersedia di ruangan ini.
Di bagian dalam stasiun, terdapat beberapa kursi berjajar yang bisa dimanfaatkan penumpang untuk menunggu kedatangan kereta setelah melalui pengecekan tiket. Di dalam stasiun juga terdapat mushola dan kamar mandi yang bersih dengan fasilitas yang nyaman yang bisa digunakan penumpang.
Di stasiun malang kota baru ada terowongan di pintu barat yang menuju peron kereta di atasnya. Jika ada kereta berhenti yang menghalangi penumpang untuk ke peron sebelahnya, penumpang dapat memanfaatkan terowongan ini untuk menuju ke peron sebelahnya.
Sedangkan di pintu kedatangan Timur juga terdapat beberapa fasilitas tambahan yang berbeda dengan pintu kedatangan barat. Dibandingkan dengan pintu kedatangan barat, pintu kedatangan timur memiliki lahan parkir yang lebih luas dan dapat menampung banyak mobil. Dibagun juga flyover atau jembatan layang sehingga penumpang dapat berpindah ke pintu kedatangan satu ke pintu kedatangan lainnya dengan mudah.
Pada momen libur Natal ini, volume penumpang terus meningkat, didominasi oleh perjalanan menuju Ketapang, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Kereta api yang menjadi favorit selama periode tersebut antara lain:
1. KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang;
2. KA Jayabaya relasi Malang - Pasar Senen;
3. KA Malabar relasi Malang – Bandung;
4. KA Majapahit relasi Malang - Pasar Senen;
Meskipun volume menumpang terus meningkat, tetapi kapasitas dari Stasiun Malang masih memadahi untuk menampung kondisi penumpang tersebut, ada juga pada beberapa waktu mengalami kondisi crowded pada peron disaat ada kereta dating, tetapi pada keseluruhan kondisi masih dapat dinilai baik dan kondisi ramai lancar.
Selain hal tersebut diatas, kami juga mewawancarai beberapa penumpang terkait kesan menggunakan kereta api dalam liburan nataru, bagaimana fasilitas yang diberikan dengan adanya peningkatan fasilitas kereta api, harapan kepada pemerintah untuk memajukan kereta api di Indonesia, dan kritik serta saran yang ingin disampaikan untuk kondisi kereta api saat ini. Adapun dari hasil wawancara secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa semua penumpang menyatakan argumen positif, seperti berikut;
1. Kesan menggunakan kereta api dalam liburan nataru rata-rata menjawab bahwa menggunakan kereta api dalam liburan nataru sangat seru dan asik, soalnya dimulai dari adanya war tiket kereta, harga yang murah, dan waktu yang on time, sehingga memudahkan dalam memprediksi waktu keberangkatan dan juga kedatangan kereta yang akan memudahkan dalam melakukan planning kegiatan;
2. Bagaimana fasilitas yang diberikan dengan adanya peningkatan fasilitas kereta api, untuk pertanyaan tersebut rata-rata menjawab untuk fasilitas yang diberikan sudah baik, mulai dari di stasiun maupun di dalam kereta, dari segi kenyaman dan kerbersihan juga sudah sangat baik, sehingga dapat memberikan kenyamanan saat menggunakan moda kereta api dalam momen nataru;
3. Harapan kepada pemerintah untuk memajukan kereta api di Indonesia, untuk harapan penumpang secara rata-rata menyatakan bahwa perlu ditambahnya armadanya, sehingga memudahkan bagi penumpang yang akan bepergian menggunakan moda kereta api pada masa nataru;
4. Kritik serta saran yang ingin disampaikan untuk kondisi kereta api saat ini, untuk pertanyaan tersebut rata-rata penumpang mengkritik terkait makanan yang dijual didalam kereta dikarenakan makanannya membosankan dan rasanya masih kurang.
Hasil Peliputan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru dengan Kereta Api dilaksanakan di Kota Malang secara keseluruhan untuk kondisi stasiun dalam keadaan ramai lancar, untuk sesi wawancara dari pengguna moda kereta api mengutarakan respon positif terkait perkembangan dari moda kereta api di Indonesia.
(mk)
Instagram : @dit_llaka
email : sekretaris.dllaka@gmail.com
6 Comment
Jhone Michale
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
jhon doe
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiustempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veninostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip
Jenifer Hearly
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.