
Pekerjaan Jalur Ganda KA Solo Balapan–Kadipiro–Kalioso Terus Dikebut, Erection Girder Jadi Tahapan Krusial
10-10-2025 / 16 ViewsSolo, Jawa Tengah — Progres pembangunan jalur ganda kereta api (KA) Solo Balapan–Kadipiro–Kalioso terus menunjukkan perkembangan signifikan. Saat ini, pengerjaan difokuskan pada tahapan erection girder, yaitu proses pengangkatan dan pemasangan balok beton bertulang (PCI girder) ke posisi pilar penyangga jalur layang.
Tahapan ini merupakan bagian krusial dalam pembangunan karena girder berfungsi sebagai tulang punggung struktur layang tempat rel kereta akan dipasang. Proses erection dilakukan dengan tingkat ketelitian tinggi agar posisi setiap girder sejajar dan kuat menopang beban kereta saat beroperasi nanti.
Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang, Rudi Pitoyo, menjelaskan bahwa sebelum dipasang, setiap girder melalui tahap stressing atau penegangan kabel baja di dalam struktur beton.
“Proses stressing dilakukan untuk memastikan girder memiliki kekuatan maksimal dalam menahan beban berat kereta api yang melintas di atasnya. Kami memastikan setiap tahapan konstruksi memenuhi standar keselamatan dan mutu sesuai spesifikasi teknis,” ujar Rudi Pitoyo.
Selain erection girder, tim juga tengah mengerjakan pembesian deck slab, yakni penyusunan tulangan baja di atas girder yang berfungsi sebagai pengikat antarbalok. Nantinya, bagian ini akan menjadi lantai beton tempat rel dipasang.
Sementara itu, di Jembatan Simpang Joglo, pekerjaan pemasangan rel juga sedang berlangsung. Pemasangan dilakukan dengan presisi tinggi untuk menjamin keamanan dan kenyamanan operasional saat jalur ganda mulai beroperasi penuh.
Menurut Rudi, setelah seluruh pekerjaan rampung, masyarakat akan segera merasakan manfaat besar dari proyek ini.
“Dengan beroperasinya jalur ganda, perjalanan kereta akan lebih lancar, waktu tempuh menjadi singkat, kapasitas angkut meningkat, dan lalu lintas jalan raya di Simpang Joglo akan lebih tertata karena tidak ada lagi kemacetan akibat perlintasan sebidang,” jelasnya.
Sebagai informasi, jalur layang sisi timur pada lintas Solo Balapan–Kadipiro telah beroperasi sejak Oktober 2024, sementara pengerjaan sisi barat kini terus dipercepat. Pembangunan ini merupakan bagian dari proyek strategis Jalur Ganda Solo–Semarang Fase 1 yang dikerjakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.
Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan keselamatan transportasi perkeretaapian di wilayah Jawa Tengah, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi kawasan Solo Raya dan sekitarnya.
6 Comment
Jhone Michale
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.
jhon doe
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiustempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veninostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip
Jenifer Hearly
Nov 09 2021
replyLorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod temincidid labore et dolore magna aliqua. Ut enim miniming veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.