Pembangunan jalur ganda KA Solo Balapan–Kadipiro–Kalioso terus dikebut. Saat ini, pekerjaan difokuskan pada tahapan erection girder sebagai struktur utama jalur layang, yang menjadi langkah penting untuk peningkatan keselamatan dan efisiensi transportasi di wilayah Solo Raya.
Berita
- Beranda
- Berita
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang melakukan monitoring sertifikasi SDM pemeriksa, perawatan, dan awak sarana perkeretaapian di wilayah DAOP 4 Semarang. Kegiatan ini bertujuan memastikan seluruh personel operasional memiliki sertifikasi yang sah dan sesuai standar demi menjamin keselamatan dan keandalan sarana.
Aksi pelemparan batu ke arah kereta api kembali terjadi di lintas Srowot–Klaten dan menyebabkan dua penumpang terluka. Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang menegaskan bahwa tindakan ini bukan kenakalan, melainkan tindak kriminal yang membahayakan keselamatan publik dan bisa dipidana hingga 15 tahun penjara.
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang menggelar apel rutin dengan nuansa transformasi, menandai peralihan status PPNPN menjadi PPPK. Perubahan ini menjadi titik awal peningkatan profesionalisme, akuntabilitas, dan budaya kerja berorientasi kinerja di lingkungan BTP.
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang sukses melakukan Uji Kecepatan dan Uji Fungsi pada Jalur KA Solo-Wonogiri. Dengan peningkatan infrastruktur, kecepatan operasional KA Batara Kresna diproyeksikan meningkat, mengurangi waktu tempuh dari 1 jam 45 menit menjadi 1 jam 15 menit. Pengujian ini memastikan kesiapan jalur dan mendukung layanan transportasi yang lebih cepat dan aman bagi masyarakat.
Penanganan darurat dilakukan di jalur rel KM 32+5/7 antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati akibat jebolnya tanggul Sungai Tuntang. Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang bekerja sama dengan PT KAI DAOP 4 Semarang melakukan normalisasi jalur untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api.
Peningkatan efisiensi, akuntabilitas, dan kualitas pelayanan transportasi perkeretaapian melalui penandatanganan Perjanjian Kinerja, Pakta Integritas, dan Piagam Manajemen Risiko di lingkungan Ditjen Perkeretaapian.
BTP Kelas I Semarang berhasil mempertahankan predikat Badan Publik Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) 2024 dengan skor 94,8. Prestasi ini mencerminkan komitmen terhadap transparansi dan pelayanan informasi publik yang prima.
Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Semarang dan PT KAI Daop 6 menggelar Talkshow dan Media Gathering bertema "Mewujudkan Transportasi Ideal di Relasi Solo-Wonogiri dengan KA Batara Kresna" pada 5 Desember 2024. Acara ini menyoroti subsidi perintis yang mendukung tarif terjangkau KA Batara Kresna, tren positif penumpang, serta progres peningkatan jalur Solo-Wonogiri yang mencapai 92%, guna meningkatkan efisiensi dan kenyamanan transportasi berbasis kereta api di wilayah tersebut.
BTP Kelas I Semarang menyambut 28 CASN Polbit 2024 dari PTDI-STTD Bekasi dan PPI Madiun. Kepala BTP, Rudi Pitoyo, menekankan pentingnya adaptasi cepat, kolaborasi solid, pembelajaran berkelanjutan, dan loyalitas dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik, mendukung transportasi modern dan berkelanjutan.